Sabtu, 22 Juni 2013

Buah untuk Si Kecil

Buah merupakan sumber nutrisi yang baik karena banyak mengandung vitamin, mineral dan serat. Mengkonsumsi buah ini diperlukan untuk kesehatan tubuh dan energi dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Dari berbagai macam buah, maka ada dua buah yang banyak manfaatnya dan buah ini cocok diberikan kepada anak-anak. 

1. Pisang
Buah berwarna kuning ini umumnya menjadi buah pertama yang dikenalkan kepada anak. Buah ini bebas dari lemak dan kolestrol, juga tinggi potasium. Nutrisi potasium diperlukan untuk mendukung kesehatan saraf dan otot, serta membentuk keseimbangan cairan tubuh. Terdapat pula vitamin C untuk meningkatkan sistem pertahanan tubuh, perbaikan sel tubuh dan penyerapan nutrisi lain seperti zat besi.

Pisang juga kaya akan vitamin B-6 dan dapat menyumbangkan 35 persen vitamin B-6 dari kebutuhan harian anak yang berfungsi untuk pembentukan sel baru. 

2. Pepaya
Buah ini memiliki daging yang lembut dan mudah dicerna serta mengandung banyak serat sehingga dapat membantu anak bebas dari resiko sembelit. Pepaya memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Buah ini juga merupakan sumber vitamin A yang baik untuk kesehatan mata anak. Sifat antioksidannya yang tinggi turut mengurangi resiko anak dari penyakit paru dan rongga mulut.



Bagaimana? Sudahkan makan buah hari ini??

Sumber : Harian Kompas, Minggu 30 Juni 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar