Jumat, 21 Juni 2013

Sebisa Lakukan

Lulus...
Alhamdulillah... Syukur yang tak terkira ketika melihat pengumuman bahwa saya telah diterima di salah satu Universitas Negeri ternama di Bandung, Universitas Padjadjaran. Bagiku ini luar biasa, karena ketika tak ada harapan untuk dapat melanjutkan pendidikan ke bangku Universitas, namun keinginan hati begitu kuat, ternyata Allah telah mengatur rencana indah ini untukku. Fakultas Peternakan? Waah saya bingung (honestly). Tapi bagaimana pun juga, beasiswa yang saya terima mengharuskan saya mengambil jurusan ini. Tapi saat itu yang ada di benak saya adalah yang penting saya bisa kuliah.

Perkuliahan berjalan dengan lancar dibarengi tugas yang kian hari semakin meng-estafet ria. Di bangku perkuliahan saya mempunyai banyak teman dengan berbagai macam karakter dan dari latar belakang keluarga yang berbeda. 

Sungguh ilmu pengetahuan itu begitu indah dan luas. Maybe this is a reason, why I am in this faculty. Taukah kamu?? Mempelajari bagaimana sistem reproduksi dari ternak itu bekerja, bagaimana proses pemuliaan pada ternak, bagaimana menyusun kebutuhan nutrisi ternak, bagaimana rumput bisa diubah menjadi daging dan susu oleh ternak, bagaimana tingkah laku pada ternak, de el el... bagiku itu sangat menyenangkan. Kalau ketika kecil bercita-cita menjadi dokter, maka sekarang saya bisa menjadi dokter hewan. Masih sama-sama dokter kan? :D... Disini lah kita bisa melihat kebesaran Allah. Maka, jangan jauh-jauh dari Tuhan. Dekati terus Tuhan.

Allah punya rencana indah. Setelah lulus S1 saya mendapat kesempatan untuk melanjutkan S2 (bebas dari pembayaran SPP selama 3 semester). Lagi-lagi saya termenung. Mungkinkah saya bisa melanjutkan pendidikan ke S2 jika berada di fakultas lain. Tidak tanggung-tanggung, saya menjalani kuliah S2 ketika S1 saya belum lulus.. "Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?" (QS. 55:13).

Saat ini, peternakan adalah duniaku. Dunia yang dinamis dan saya suka. Lalu apakah karya yang bisa dihasilkan? Bisakah memberikan manfaat sebanyak-banyaknya kepada orang lain? Ah, kalau begitu kenapa tidak mencoba memberikan manfaat di bidang peternakan. Bukankah Indonesia itu negara agraris yang kaya akan sumber daya alam hayati?

Saya sangat menyukai kegiatan "mengajar". Really love teaching and learning. Jika Allah berkenan dan meridhoi, saya ingin sekali menjadi seorang dosen dan peneliti (tentunya tetap menjadi seorang istri dan ibu yang tangguh. Bisa? InsyaAllah bisa...). Mungkin, saya tidak mahir untuk menjadi peternak yang turun langsung ke lapangan. Tapi, saya bisa berbagi ilmu pengetahuan dan informasi kepada masyarakat dan tentunya tidak lupa, semoga tangan ini suatu saat bisa berada di posisi atas untuk ikut serta membantu sesama dan tentunya para "scholarship seeker". Atau mungkin jadi pebisnis? mengapa tidak? Bisnis di dunia peternakan akan sangat menguntungkan mengingat semakin meningkatnya kebutuhan dan tingginya kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan dan makanan bergizi. Apapun itu, saat ini saya hanya ingin belajar sebaik mungkin dan tetap berusaha melakukan yang terbaik dengan seimbang. Sabar, tawakkal dan ikhlas.

*Semoga suatu saat saya bisa menyumbangkan sesuatu bermanfaat yang dapat didedikasikan untuk Tuhan, Orang tua dan sesama.

Memperpanjang umur adalah dengan berkarya, karena ketika seseorang telah berlalu (wafat), ia akan tetap disebut, entah dengan maki atau puji (Inspirasi dari Tulisan Chaidir).

Jum'at, 21 Juni 2013
21:00 pm


Tidak ada komentar:

Posting Komentar